11 August, 2010

Saya, Tuhan dan Puasa


Entah sudah berapa tahun saya selalu mengikuti puasa, seingat saya, saya belajar puasa setengah  hari sejak usia 6 tahun. Waktu itu saya selalu berusaha untuk melewati hari yang penuh perjuangan dan melelahkan untuk sampai pada saat bedug magrib mulai ditabuh. Usia 7 tahun, saya sudah puasa full seingat saya. 

Sekarang saya sudah berusia 23 tahun, rasanya puasa kali ini adalah puasa yang saya renungi betul. Sebab saya sebenarnya sudah merdeka, tidak seperti dulu-dulu ketika kecil, saya menganggapnya sebagai sebuah perjuangan untuk meraih simpati teman-teman di sekeliling saya. Saya akan bangga bercerita dan memamerkan berapa jumlah hari saya bisa melampaui puasa secara full pada teman sebaya saya. Juga bagaimana saya meraih hati orang tua untuk kelak dibelikan baju lebaran dan diajak liburan keluarga.
Bagaimana sekarang? Saya sudah bisa melewati puasa dari imsyak hingga magrib, bahkan saya insyaallah sanggup melampauinya jika harus ditambah 2 atau 4 jam lagi. Saya sudah kuat sekarang. Saya juga tak perlu lagi cerita pada teman saya, bahwa saya sudah bisa melewati puasa sebulan penuh, sebab tak akan ada yang istimewa bagi saya saat ini. Tak adalah prestise untuk hal-hal semacam itu. Saya bisa membeli sendiri baju lebaran yang bagus dengan penghasilan atau tabungan saya, jadi saya tak perlulah harus berharap baju baru. Artinya, semua yang saya cita-citakan tentang puasa  saat kecil dulu tentu saja sudah saya penuhi dan capai. Tapi. Kenapa toh saya memilih puasa lagi saat ini. Saat ketika saya di rantau, saat ketika saya telah cukup dewasa dan berhak melakukan apa saja tanpa ada yang menekan dan mengontro?

Hmmmm....
Saya sebenarnya agak bingung juga kalau harus menjawab sendiri pertanyaan saya. Saya bisa saja menjawab saya muslim, tapi itu pasti jawaban klise, sebab di kitab suci saya, tentu sudah diperintahkan. Tapi baiklah, saya jawab singkat dan sederhana saja. Saya memilih untuk tetap berpuasa saat ini, sebab saya merasa bebas, independent dan merdeka, juga bahagia saat bulan puasa tiba. Saya merasa bebas memilih, sebab saya toh jauh dari orang tua, di Jogja tidak banyak orang yang mengenal saya dan menggunjingkan saya jika saya tidak memilih untuk berpuasa. Tidak seperti di kampung saya yang mayorotas muslim dan dekat dengan masjid. Saya hanya merasa merdeka untuk mengambil kebijakan bagi diri saya sendiri. Saya merasa senang. dan saya merasa, saya telah jadi dewasa dengan memilih berpuasa.

Selain itu, diam-diam saya ingin menjadikan puasa saya ini menjadi momen yang menakjubkan. Momen yang tentu saja hanya saya dan Tuhan saya yang tahu. Hehehe... kelak, saya akan kenang sebagai sebuah pencapaian "keimanan" yang rahasianya akan saya ingat selalu sendiri. Bukankah hubungan kita dengan Tuhan adalah hubungan yang sangat intim dan pribadi?

Simpel, kan alasan saya?

Silakan Anda menilih alasan sendiri :)

-Jogja, 11 Agustus 2010-gambar: sini

17 comments:

  1. Anonymous8/11/2010

    kang iwaan lama tag ngeblog diriku hehe....p kbr???
    hmm...saya sependapat " hubungan kita dgn Tuhan adalah suatu hubungan yg intim dan privat" tdak perlulah org lain mengetahuninya seberapa dkat atw sbrapa jauh kita dgn Tuhan...:)
    ibrat berseggama (tdk brmksd vulgar loh), bagaimana rasanya jika dlihat org hehe...:)
    :joni-joni-joni (www.hidup-itu-indah-joni.blogspot.com)

    ReplyDelete
  2. siip2....tetap memilih alasan sbg manusia independent yah utk berpuasa.dasar manusia indie..hehehehe..=D

    ReplyDelete
  3. pada akhirnya, semua memang harus dilakuakn demi Tuhan, termasuk berpuasa. Happy fasting Month! marhaban ya ramadhan.

    ReplyDelete
  4. Jangan sampe ada yg tahu klo bung Bajang masih suka puasa setengah hari.
    hehehe

    ReplyDelete
  5. selamat puasa jang...mampirlah ke blog saya jang...sepi uy...hahaha

    regards
    leo b

    ReplyDelete
  6. @Gafur: Lanjut Ngeblog, boy!

    @Jhoni: ayo ngeblog lagi, bro...masak bloger nggak ngeblog...saya juga jarang nih, jadi malu sama Bung YansDalamJeda :(

    @Yayas: Makasih kunjungannya...iya, Bajang Gitu Loh!!! hahahaha

    silakan aja berkunjung ke http://indiebook.co.cc

    @Huda: selamat puasa, bro.../ nice statement! i like it.

    @Yans: Hehehehe...sssstttt... jangan bilang2 ya, kawan... wah...makasih selalu suport saya dengan mengunjungi blog ini...saya malu nggak seproduktif dirimu. :))

    @Gajah: ah, pak leo... hehehehe..ayo tukeran link!



    makasih kunjungan kawan2 semua...
    selamat pusa bagi yang mau puasa.

    ReplyDelete
  7. Selamat menunaikan ibadah puasa utk Mas Irwan skluarga, mohon maaf juga bila ada khilaf mari kita sm2 "Menuju Garis Lini Kebaikan di Bulan nan Suci." Keep linked :)

    ReplyDelete
  8. selamat malam mas irwan,lama tidak singgah dirumah virtualmu.
    tulisanmu kian keren aja ^^

    selamat menjalankan ibadah puasa ya mas.... :)

    semoga amal ibadah puasa kita mendapatkan balasan dari Allah,amien.

    ReplyDelete
  9. @Hendra: sama2, bro...sekamat puasa juga ya...:) tetap semangat...

    @Senja: iya, nih...main2lah sering2 ke sini mbk senja...hehehehe
    makasih kunjungannya....selamat berpuasa juga ya...


    SALAM BLOGER!

    ReplyDelete
  10. hhmmm..hubungan dengan Tuhan adalah hubungan yang intim dan sangat pribadi?
    berpikir ah....apa ya alasan aku berpuasa? haduhhh..apa karena ikut-ikutan ya? introspeksi diri ah...
    Salam kenal ya......Merah? i Like it

    ReplyDelete
  11. hehehehe....
    sip deh..
    ayo ayo....loh??
    makasih kunjungannya ya, duniaira...
    salam kenal juga

    ReplyDelete
  12. Anonymous8/21/2010

    okeh,,,

    ReplyDelete
  13. wah .....ini bagus postingannya....

    ini ada info juga tentang kesehatan
    www.sehatituindah04.co.cc

    ReplyDelete
  14. Nice posting Bang Irwan, nice ambition jg klo ingin menjadikan puasa saya ini menjadi momen yang menakjubkan. Mmg puasa itu ibadah yg unik yah, g'klihatan sm2 org2 bda sma ibdah lain, tpi Allah lah mha thu, keep linked :)

    ReplyDelete
  15. selamat idulfitri bagi yang merayakan....

    ReplyDelete
  16. yaaa kang iwan sama jja nih hha hha masih lom update juga...hehehe..:0 btw sibuk a[a tho skr??

    ReplyDelete

silakan berkomentar