12 October, 2009

Saya akan bantu kamu menerbitkan bukumu

Saya ingin membantu semua orang untuk menulis dan menerbitkan bukunya

Sebenarnya ide ini sudah lama, bahkan sejak tahun 2006 saya sudah mulai menerbitkan buku indie bersama teman-teman. Namun, saat inilah semua ide dan impian itu saya wujudkan secara serius dan profesional. Di tengah ketidaksibukan saya menulis dan menyunting naskah, saya ingin sekali menyempatkan diri untuk membantu penulis-penulis pemula yang ingin menerbitkan bukunya.


Mulai September tahun ini (sembari puasa), saya mulai mengutak-atik komputer, membuat web yang pantas, mecari tema yang sesuai, menyusun kata-kata untuk diposting, menghubungi teman-teman yang sepemikiran, mengajak mereka berdiskusi, bekerjasama, merangkai mimpi dan mulai berkomitmen untuk proyek ini. Saya memulainya dengan berpindah kos, mencari tempat yang lebih refresentatif untuk bekerja, menjadikannya kantor dan memulai aktivitas sederhana ini dari sini. Hingga akhirnya saya putuskan untuk menjadikan proyek ini proyek serius yang mudahan bisa berlanjut dan terus berkembang. Bulan Oktober, saya mendirikan Indie Book Corner, sebuah lembaga yang saya dedikasikan dan saya niatkan untuk membantu penulis-penulis muda dan pemula untuk menerbitkan buku pertama, ataupun buku selanjutnya. Saya lega sekali, ketika lembaga ini resmi berdiri.


Banyak buku yang ditolak penerbit major label, padahal belum tentu buku itu jelek dan tidak layak baca. Kebanyakan masalahanya terletak pada tinjaun pasar dan perhitungan untung rugi. Indie Book Corner adalah sebuah proyek yang saya gawangi sendiri, saya ingin memulai dan membantu, itu saja. Saya berpikir, sudah saatnya, buku akan gampang diproduksi, meskipun dalam jumlah yang barangkali tak sebanyak produksi penerbit konvensional. Biarkan penulis mempublikasi bukunya dan pembaca menikmati apapun jenis buku tanpa harus kompromi dengan pasar.


Saat ini saya berdoa, semoga niatan baik saya ini bisa terus berlanjut. Saya tahu, secara financial saya tidaklah berlebihan, saya hanya anak kos yang masih belum tamat kuliah dan sibuk mencaci maki diri sendiri yang malas sekali menggarap skripsi. Tapi, apakah ada mustahil dari dunia ini selama kita berniat dan bekerja keras? Pertanyaan ini klise, tapi kali ini saya hanya ingin menjawab; tidak ada, tidak ada yang mustahil. Tekad saya sudah bulat, saya tidak mau mundur lagi! Meskipun dengan tabungan seadanya, saya akan bersedia membiayai setiap naskah yang masuk untuk segera dijadikan buku dan dihadirkan ke sidang pembaca. Saya berniat tulus, dan saya yakin semesta mendengarkan niat ini.


Buat kawan-kawan semua, inilah dedikasi yang ingin saya hadirkan. Silakan mampir dan lihat-lihat ke Indie Book Corner di www.indiebook.co.cc


Salam semangat dan sehat selalu

Irwan Bajang

12 comments:

  1. Salam Irwan Bajang,

    "saya di Malaysia boleh sertai sekali ?",

    "untuk buku puisi bolehkah ?".

    ReplyDelete
  2. makasih buat motivasinya, ntar gue coba deh kirim.
    :D

    ReplyDelete
  3. @ Zulikifli: Boleh2 aja Bung, saya siap membantu siapapun dan di manapun. Kirimkan aja naskah2 Anda ke mari, ke alamat email saya. Biar saya dengan team Indie Book Corner akan memproses dan menerbitkannya. Jangan lupa lihat ke http://indiebook.co.cc

    @Dehakid: Sama2, kami tunggu naskahnya ya... salam semangat dan terus berkarya!!
    :D

    Ayo, siapa lagi?? hehehehe

    ReplyDelete
  4. Sepakat Bung!
    Insyaallah Chan bantu Design Covernya..

    Jangan lupa Email Buat Kontributor KTN Send!

    ReplyDelete
  5. Sip Bung Chan. Makasih banyak kalau begitu.
    emailku kan dah pernah aku kirimkan to
    irwan_bajang@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. Kalau saja tulisan saya bagus dan merasa layak untuk dijadikan buku. Ingin rasanya dicetak Indie Book Corner.
    Sukses buat mas Irwan Bajang. Tks mas. Lain waktu kalau puisi atau tulisan sdh banyak, akan saya abadikan menjadi buku.

    ReplyDelete
  7. bajang, bantu publikasi aja deh ^^
    kalem, saya pan iklan baris berjalan..
    tapi, suka sebel kalok ada yang tanya :L dapet berapa duit lo kayak gini gitu (hadoooh,,, bunuh aja gue.. guw emang ngehe, hehe)

    ReplyDelete
  8. makasih atas niatan baiknya Put..semoga Tuhan membalas..hehehe
    tapi bukan tuhan hudan..
    ini kan proyek idealis, saya punya cita2 melihat buku gampang diterbitkan dan semua penulis punya hak dan kesempatan yang sama mempublikasikan bukunya...
    :D

    ReplyDelete
  9. Salam Bung Irwan,

    Bagusnya jika di Malaysia ada insal setulus kamu.

    Boleh aku ikut serta juga?

    Makasih, deh.

    ReplyDelete
  10. Boleh, boleh bergabung..saya mau bantu siapa saja dan di mana saja.
    :D
    Ditunggu ya

    ReplyDelete
  11. @Yanz...
    wah, nyindir ini..tulisan2mu kan keren2 Bung..
    ayo gabung kalau mau!
    :D

    ReplyDelete
  12. Sore ini nyatanya indah sekali .. :)

    Bung Irwan,
    1. selain format dokumennya itu dalam microsoft words, terus, sais fontnya gmana?

    Para editor yang bakal ngeditin gitu?

    2. Berapa jumlah buku minimal / optimal selalu @ wajar yang pengkarya harus beli selepas selesai publikasinya?

    ReplyDelete

silakan berkomentar