12 April, 2010

Ritual Kesehatan: Sehat yang Indah

Ketika suhu badan saya makin meningkat dan tenggorokan mulai terasa aneh, maka saya akan segera merasa khawatir, sebab keadaan seperti itu akan segera mendatangkan sesuatu yang tidak saya sukai. Saya akan segra merasa sakit saat menelan makanan atau minuman dan disertai batuk atau flu. Hal tersebut biasanya menjadi penanda bagi saya, bahwa saya harus segera berhati-hati. sebab dengan sangat cepat, penyakit akan datang pada saya. Hingga akhirnya, setelah suhu badan semakin meningkat, batuk atau flu dan amandel, maka saya biasanya terkulai lemas dalam beberapa hari, mengurung diri di kamar, mengurangi jadwal begadang dan keluar siang atau malam. Saya akan segera sakit. Lalu barulah dalam sakit itu saya merasakan sesuatu yang sama sekali jarang saya pikirkan sebelumnya. Betapa indahnya sehat dan sungguh saya tidak suka menjadi lemah dan sakit.

Saya adalah tipe orang yang sering sakit. Maksud saya bukan penyakitan, tapi kerap kali saya tidak mempeedulikan keadaan tubuh saya. Saya kerap tidak berpola hidup sehat, kurang olah raga dan biasa mengkonsumsi makanan tanpa pertimbangan. Kadang saya sama sekali tidak makan kalau sedang tidak nafsu, atau bahkan makan sangat banyak dan berkali-kali dalam satu hari, apalagi jika makanannya pedas dan gurih, porsi makan saya bisa mengembung menjadi sangat tidak terkontrol. Mungkin itulah yang membuat perut saya kadang suka protes, seringkali maag saya kambuh atau sering pula amandel saya kambuh dan nongol tanpa diundang di tenggorokan saya.

Saya tidak suka sakit, sebab dengan sakit saya merasa begitu lemah dan bodoh. Saya tidak bisa melakukan hal yang saya sukai, saya tidak bisa mengontrol diri saya. Itulah yang membuat saya merasa lemah dan bodoh. Tapi saya juga bukan tipe orang yang membangkang dan tidak tunduk pada tanda-tanda tubuh saya. Biasanya saya akan segera minum multivitamin, mengkonsumsi buah, makanan yang agak bergizi dan istirahat yang cukup. Itu juga mungkin yang membuat saya lumayan cepat sembuh dan jarang bahkan tidak pernah mengidap penyakit berat yang lama sembuhnya. Saya jadi bersyukur, bahwa saya sudah mengenal diri saya. Saya seperti selalu dapat isyarat bahwa saya akan segera sakit dan lalu mengorientasikan diri saya untuk segera sembuh. Saya juga merasa beruntung dan berterimakasih, bahwa sampai umur 23 tahun saya saat ini, saya sama sekali tak pernah sakit lama hingg harus menginap di rawat di rumah sakit. Mudahan saja hal itu jauh dari saya.

Nah, jika ketika sakit saya mengawali usaha sembuh saya dengan minum vitamin dan makan buah serta makanan bergizi, maka ketika sembuh saya juga memiliki ritual khusus untuk diri saya sendiri. Biasanya saya mengambil kaca, melihat wajah saya yang pucat, lalu meraba jambang dan kumis yang mulai tumbuh kasar, liar dan tak terawat. Saya segera mengambil sabun, sampo dan sikat gigi untuk membersihkan badan saya, lalu mencukur kumis dan jenggot sembari tersenyum di kaca melihat dan merasakan diri saya sudah pulih dan sehat. Barulah saya merasa senang dan mengucap syukur. Ternyata sehat itu sungguh indah. Namun, saya biasanya akan segera lupa bahwa dengan tidak merawat diri dengan baik, saya akan segera sakit lagi. Ah, dasar saya ini. Dasar manusia!

Gambar diambil dari sini

4 comments:

  1. "Biasanya saya mengambil kaca, melihat wajah saya yang pucat, lalu meraba jambang dan kumis yang mulai tumbuh kasar, liar dan tak terawat." dasar narsis! dasar manusia! haha

    yang pasti sakit jiwa (tidak selalu berarti gila) bisa lebih sakit dari sakit fisik ..

    ReplyDelete
  2. kang kita memang gak belajar dengan ritual tubuh kita. ritual biologi yang pasti berjalan

    ReplyDelete
  3. hwakakakka..gw cape2 baca g taunya cuma curhat kirain gw tips gitu dan ujungnya narsis,,,,,!!!! hoooooooooooooo...dasar manusia...~!!!

    ReplyDelete
  4. heheh ternyata curhat ea....tapi gpp...!!!
    ini ada info tentang kesehtan nih ....
    www.sehatituindah04.co.cc

    ReplyDelete

silakan berkomentar